.


Isnin, 7 September 2015

BIBIT LENGKENG KRISTAL 2 ASLI APA PALSU?


Bulan-bulan terakhir ini saya disibukkan oleh banyaknya pertanyaan dari teman-teman saya di dunia
maya yang menanyakan: apakah bibit lengkeng super yang mereka beli palsu apa tidak (biasanya disertai gambar bibit lengkeng dan daunnya)? Terus terang sulit saya menjawabnya.....pertama, perlu kontak langsung untuk melihat/ meraba detail seperti lekukan/ guratan daunnya dan kedua, nggak tega saya harus menjelekkkan orang lain. Maafkan saya. Dan menurut saya, kesalahan tidak seratus persen pada penjual bibit, tapi pembelinya jugak. Karena pemiihan dalam transaksi toh haknya pembeli berdasarkan beberapa faktor.....maaf, bukan karena harganya yang murah saja.

Masalah besar ini diakibatkan oleh melejitnya pasaran bibit lengkeng generasi 3 seperti lengkeng Kristal 2 yang memang super banget, dan itu menenggelamkan keajaiban lengkeng "dataran rendah" generasi 1 yang makin memble dan terlanjur banyak diproduksi. Ditambah lagi banyak pihak yang secara berani menggeneralisasi asal usul lengkeng tersebut, berdasarkan beberapa pendapat sumber dan ciri-ciri lengkeng yang .memang "rada" mirip. Saya sampai perlu melacak kebenaran itu......misal bila benar lengkeng Kristal 2 itu dari lengkeng No Name (NN) maka saya terbelalak ketika ternyata NN itu ada 3 serie: NN, NN1 dan NN3....lo trus mana yang Kristal 2?....hehhhee....
Bahkan ada yang menyamakan dengan lengkeng Puang Thong, lengkeng Moya, lengkeng Vernie, lengkeng Kristal 1 atau bahkan parahnya lagi dengan lengkeng generasi 1 seperti Kristalin.

Ada cerita yang bener-bener nyata, ada seorang teman penjual bibit yang membeli satu bak mobil colt bibit lengkeng yang ternyata isinya bermacam-macam jenis varietas lengkeng....hadewww....

Nah kalau yang kayak gini sich saya cuma tersenyum saja......pemilihan harga muruh meriah menjadi sebab utama. Ya mesti ditanggung sendiri resikonya....hehhhee...Lho kok? Ya iya lah.....bayangkan indukkan lengkeng Kristal 2 masih belum banyak, kalau 1 pohon dihabisin untuk membuat banyak bibit lengkeng perlu waktu lama untuk pulih kan? Ini yang berakibat masih mahalnya si Kristal 2 ini.

Yang jelas ya perlu hati-hati saja dan maaf, stop nanya ke saya: bibit lengkeng Anda asli atau tidak sedangkan Anda tidak beli dari saya.....hehhee......paham kan sekarang kenapa saya sulit menjawabnya?

NB; Gambar di atas adalah lengkeng Kristal 2 meski diguyur hujan habis2an masih bertahan buahnya meski jadinya tampak berkurang. Yang kayak gini jelas asli.....
Share this article :

2 ulasan:

  1. Assalamualaikum..
    Untuk /bibitnya dia harganya brpa ? Klo mesan 10 bibit apa bisa ? Trus pesanan luar pulau juga bisa ? Klo bisa brpa biayanya termasuk ongkir. Trimaasih.. Maaf bertele-tele

    BalasPadam
  2. Bibit klengkeng new kristal 2 harganya brapa Pak?

    BalasPadam