.


Rabu, 22 Mei 2013

BIBIT LENGKENG PUANG THONG


Si Kulit Keras yang Super Produktif

Bila Anda di Sumatera jangan bandingkan ongkos kirim saya dng nursery2 di Jakarta. Dan jangan bandingkan juga antara Lengkeng si Kuncup Emas alias PUANG TONG dng lengkeng Itoh. Meski sama2 perlu dirangsang supaya berbuah, tapi keduanya jauh berbeda. Puang Tong dng kuncup emasnya mampu menghasilkan 1,5 Kg – 2 Kg dlm satu dompolan buah, Itoh bisa?

Kulit Puang Tong juga keras hingga tidak disukai kelelawar. Bahkan ada yg bgitu kesemsem karna Puang Tong nyaris tanpa biji. Wooow…..ini betul2 lengkeng idaman, dan nyaris sempurna untuk dikebunkan dlm skala luas. Dengan rasa yg manis kering, seperti lengkeng lokal…….Uhhh mana tahan……lihatlah penampilan si Kuncup Emas ini saat mulai berbunga…..
HIPNOSIS? Sering kali saya ditolak ketika menawarkan bibit lengkeng dataran rendah yang memang bener2 berkualitas…..jawaban mereka hampir sragam:
“Maaf, saya tidak suka lengkeng, pak….”

Dan saya juga tidak memaksa, saya cuma bertanya lagi:
“Tapi Anda suka keindahan kan?”
“Ya!”
“Dan Anda tentu suka uang banyak kan?”
“Ya jlas lah, Pak!”
“Nah, lihat lah foto lengkeng PUANG TONG yg sedang berbuah ini!” pinta saya sambil memperlihatkan foto di atas padanya.
“Apakah bentuk malai buahnya tidak indah? Apakah Anda bisa hitung brapa uang yg Anda dapatkan kalo tiap malai atau dompolan itu seberat 2 Kg lebih?”
Wooowww…….itu hampir 80% lebih lo bisa merubah ketidaksukaannya pada lengkeng…….syukur lah…
Share this article :

0 ulasan:

Catat Ulasan