.


Rabu, 22 Mei 2013

BIBIT LENGKENG VERNIE


DOMPOLAN BUAH RAPAT MIRIP ANGGUR


Knapa sih Varietas tanaman lengkeng makin banyak aja? Ya, jlas karna makin banyak mutasi yg ditemukan dan makin banyak pula permintaan yg aneh2 dri pelanggan. Contoh aja tiga hari yg lalu:
Seorang ibu2 malam2 nelpon
Setelah salam, kenalan, basa basi dan bla…..bla….blaaaa
dia pun memulai critanya
“Tadi to mas……saya arisan di tempat seorang istri pejabat tinggi”
“Trus…” sela saya bingung
“Halamannya keren banget…….penuh tanaman2 buah”
Ok, mulai ada hubungannya, pikir saya
“Ada tanaman lengkeng yg dompolan buahnya rapat mirip anggur….. bergelantungan dan misah di bawah daun2nya…..indah skali….saya sampai tak tahan memetiknya dan bner2 maniiiiss….rasanya mirip lengkeng lokal…..tpi ini kering……eunakkk….lengkeng apa y, mas??? punya bibitnya??”
Pikiran saya langsung ke lengkeng Vernie, namanya memang mirip nama latinnya anggur; Vitis vinifera L. Kalo sudah berbuah, woooww….siapa pun ngiler lihat tampilannya……
m e n g g o d a…..
Trus, ada lanjutan dalam menjawab pertanyaan teman ‘Sinar Baru’ di status saya yg membahas Lengkeng Vernie: “Ini bijinya kecil ya?”……maka pemuatan foto buah lengkeng Vernie ini smoga bisa lebih menjawab, memberi bukti dan memberi gambaran secara jelas seberapa kecilnya biji lengkeng Vernie ini yg dibalut daging buahnya yg begitu tebal dan garing (meski blum matangbener). Nyammm!!!
                   






Meski masih pentil buahnya, namun sudah terlihat "galak" juga lengkeng VERNIE ini.....mau dijarangin eman, nggak dijarangin takut patah tuh cabang2nya.......dengan produksinya yg dahsyat, apalagi bijinya yg kecil pula, lengkeng super kering ini memang pantas jadi pilihan utama pekebun......



Share this article :

0 ulasan:

Catat Ulasan