.


Rabu, 17 Julai 2019

HANYA PUPUK PERANGSANG BUAH LENGKENG AJA | Sedia BIBIT KELENGKENG NEW KRISTAL



Alhamdulillah. (Maaf, ini menjawab secara khusus pernyataan mas Antok Mangesthi yang banyak di channel YouTube saya yang bersifat menyerang - sebagian sudah dihapus). Bukan berarti saya baperan, inilah CARA PANDANG yang mesti kita kuasai....yaitu memandang dari segi yang baik-baik saja. Saya selalu memandang bahwa lengkeng atau kelengkeng bisa berbuah di DATARAN RENDAH adalah anugrah yang dahsyat dari Allah untuk kita. KEAJAIBAN!!! Sungguh, dulu waktu saya kecil (saya sudah nanam bibit lengkeng di kebun bapak) hal itu tak terbayangkan bisa TERJADI!!! Bahkan hal itu pun disimpan lama oleh penemunya untuk tidak disebarkan ke kita. Bayangkan.....kita baru tahu itu saat milenium berganti yaitu baru di awal tahun 2000, betapa lamanya kita BUTA terhadap teknologi ini. Yang serunya lagi: PANEN BUAH LENGKENGnya bisa diatur seenak kita seperti anggur dengan teknologi pangkasannya! Woww banget pokoknya!!!

Tadinya saya beranggapan ini seperti Booster atas penggunaan Paklobutrazol pada tanaman durian dan mangga......ternyata berbeda. Ini bukan Booster. Kayaknya ini hanya unsur pupuk buah yang bisa merangsang buah seperti halnya NPK buah di perkebunan. Dan kagetnya lagi saya; ini ternyata NPK jugak, hanya saja Knya diganti...bukan lagi K dari KCl seperti biasa tapi K yang diambil dari KClO3 atau ada ditambah yang juga dari KNO3. Ok.....jadi beda.

Banyak orang termasuk pekebun/ pembibit lengkeng yang mengira bahwa KClO3 adalah booster bukan pupuk. Ini membuat orang takut atau malas memakainya! Sayang kan?

Dalam ratusan tulisan saya sebelumnya di blog maupun media sosial lainnya, tak satu pun saya menyebut sebagai booster. Karena gara2 kata booster ini seorang petani di Gunung Pati sampek membabat 52 lengkeng Itoh serie 8-nya yang udah gede, dia merasa rugi karena harus membooster. Payahkan? Tragis bener kan? Setelah saya jungkir balikkan cara berpikirnya bahwa itu pupuk....sekarang dia mulai menanam bibit lengkeng super lagi. Saya jelaskan panjang lebar bahwa tanaman perkebunan pun (saya lama banget di perkebunan) seperti Sawit, Cacao atau pun Karet tak akan berproduksi baik jika tak dipupuk pupuk makro NPK.

Makanya saya selalu bilang ini pupuk perangsang buah bukan booster bro, supaya tidak ada anggapan miring yang seakan2 kita memaksa banget tanaman lengkeng berbuah. Dan itu akan membuat PETANI LENGKENG malas memakainya karena banyak pengalaman sedih atas pemakaian booster pada durian dan mangga. INI PUPUK!!! Ini hanya pupuk lengkeng, kenapa memakai pupuk jadi masalah???? Menggunakan pupuk perangsang buah supaya tanaman berbuah kok jadi MASALAH. Heloo......ini keajaiban, bung! Sadari itu!!!

Menyadari hal ini membuat Anda terispirasi untuk lebih BANYAK BERBUAT, daripada menghujat! Miris bila kita inget bahwa negara kita yang subur makmur ini kok NGGAK MALU masih saja MENGIMPOR buah lengkeng dari negara Gajah Putih dengan JUMLAH YANG FANTASTIS: ratusan ribu ton tiap tahunnya. SUNGGUH TERLALU!!!!


Share this article :

0 ulasan:

Catat Ulasan