.


Jumaat, 15 Mei 2020

LENGKENG MATALADA (HAWAI) - Yang Tersisa dari Bibit Lengkeng HIAS Dataran Rendah


Sekali lagi saya harus ngomong keras untuk menghentikan penanaman besar-besaran bibit lengkeng hias dataran rendah seperti bibit lengkeng Pinpong, bibit lengkeng Diamond River, bibit lengkeng Kristalin, bibit lengkeng Puang Rai, dan yang sejenisnya....apalagi itu berhubungan dengan proyek bibit lengkeng pemerintah. Kasihan sekali rakyat yang menerima bantuan proyek bibit lengkeng itu! Setelah beberapa tahun mereka hanya mendapatkan buah lengkeng yang tipis dagng buahnya, biji gede, berair dan manisnya cuma 16 briks doang! Jelas nggak enak untuk dimakan apalagi dijual!! Tolong sadar lah......

Terus terang masuknya bibit lengkeng hias itu kita anggap sebagai pengalaman pahit saja....terus terang kita kayak ditipu orang-orang Thailand dengan maksud supaya kita nggak nanam bibit lengkeng kebun seperti lengkeng Itoh yang waktu itu masih termasuk lengkeng buah yang bagus dan kita impor buah dari mereka. Kita dibikin terbengong-bengong waktu itu....bagaimana bibit lengkeng bisa tumbuh dan berbuah di dataran rendah. Kita khilaf, nggak ngitung bagaimana BEPnya....yah kita kecolongan.
Saya sendiri termasuk orang yang pernah mengalami keghagalan berkebun dari bibit lengkeng hias ini....namun saya menerimanya sebagai penglaman budidaya lengkeng aja! Sehingga ketika bibit lengkeng super unggul seperti lengkeng Kristal 2 masuk ke Indonesia lewat jalan yang tidak resmi.....saya sudah tahu bagaimana cara merawat atau budidayanya. Saya nggak gumunan lagi!
Cuma ya jangan terus menanam bibit lengkeng HIAS dataran rendahnya ini......rugi jangan diterus-teruskan!

Saya juga menghimbau kepada pedagang keliling bibit buah yang menjual bibit lengkeng hias ini dengan omong besarnya....bahwa akan didapat keuntungan yang besar dari bibit lengkeng hias tersebut. Apalagi bawa-bawa foto saya segala. Tak aneh foto saya yang berlatar belakang pohon lengkeng Kristal 2 yang berbuah banyak sudah dibawa sama pedagang keliling bibit lengkeng dari Sabang sampai Merauke, sayangnya bibit lengkeng yang dibawa adalah bibit lengkeng hias...duh apa sqmpeyan nggak takut dosa. Nyari makan untuk anak istri kok dengan cara tidak halal gitu??

Banyak yang protes dengan kata-kata keras saya di atas yang dianggap menyerang bibit lengkeng hias dagangan mereka. Saya nggak nyerang.....cobalah untuk jujur dan katakan bahwa itu cuma lengkeng hias dan tak lebih!
Trus banyak yang nanya keras lagi....apa nggak ada dari bibit lengkeng hias itu yang baik?! Saya pun menjawab: ada sich dan lengkeng itu adalah lengkeng Matalada atau lengkeng Hawai yang warna putih itu buahnya dan lengkeng Merah meski keduanya pun tidak bisa dimasukkan ke dalam lengkeng buah atau lengkeng kebun.
Kenapa?
Karena keduanya masih banyak kelemahan. Misal lengkeng Matalada meski punya biji kecil namun daging buahnya juga tidak tebel amat. Apalagi kemanisannya juga cuman 18 briks. Sayang kan?
Sedang kan lengkeng merah justru lebih condong banget ke hiasnya karena warna merah di daun dan buahnya. Sedangkan bijinya masih gede gitu.....ya kan?
Keduanya adalah lengkeng-lengkeng tersisa dari kejayaan lengkeng hias dataran rendah!

Ayolah kita mesti bersama-sama menghentikan penaanaman bibit lengkeng hias dalam skala kebun. STOP!!Produksi bibit buah lengkeng hias juga harus dikurangi, tidak bisa tidak. Mari kita galakan penamanan lengkeng kebun dalam skala besar seperti lengkeng Kristal 2.....kita masih punya jutaan hektar tanah subur yang kosong...bahkan di Jawa sekalipun.
Jelas lengkeng ini yang akan memberi keuntungan yang sangat besar bagi pekebun lengkeng, bukan lengkeng hias! Cek aja analisa BEP dalam menanam lengkeng kebun Kristal 2: https://bibitlengkengimpian.blogspot.com/2017/05/analisa-sederhana-budidaya-lengkeng_42.html#.Xr5STWgzbIV

Ayo kita harus realistis.....kenapa masih menggeluti lengkeng yang merugikan kalo ada lengkeng yang MENGUNTUNGKAN bagi pekebun lengkeng ini! Salam pekebun lengkeng Indonesia!


Ungaran, 15 Mei 2020

Penuilis:
SulisMono






Share this article :

0 ulasan:

Catat Ulasan